Cara Buka Rekening Saham Online, Apa Tipsnya dan Pilih Sekuritas Mana?

Halo sobat cuan, sobat milenial

Di blog sebelumnya, kita udah bahas nih 5 Alasan Kenapa Harus Investasi Saham Saat Masa Krisis. Banyak teman dan orang sekitar saya yang nanya,

Gimana cara beli saham?

Belinya lewat mana?

Gue udah ada rekening ATM kok. 

Memang bertransaksi saham membutuhkan rekening tapi bukan rekening bank, rekening yang dibutuhkan adalah rekening saham. Dengan modal 100 ribu dan gadget kalian sudah bisa bertransaksi.

TAHUKAH KALIAN?

Broker/pialang/sekuritas, juga dikenal dengan sebutan Perantara Pedagang Efek, yaitu perusahaan yang aktivitas utamanya adalah melakukan jual beli efek yang tercatat di bursa saham, yang mempunyai izin dan wewenang untuk melakukan transaksi tersebut. Broker saham dibutuhkan oleh investor saham untuk melakukan aksi jual beli di pasar modal. Di Indonesia, Mirae Asset Sekuritas Indonesia merupakan broker dengan transaksi jual beli terbesar di Indonesia, yang selanjutnya diikuti oleh IndoPremier Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan BNI Sekuritas.

TIPS MEMILIH SEKURITAS UNTUK MEMBUKA REKENING SAHAM ONLINE

1. Sekuritas Terdaftar dan Diawasi oleh OJK
Poin pertama ini jangan sampai terlewatkan jika kalian ingin membuka rekening saham. Mendaftar pada sekuritas yang tidak terdaftar OJK memiliki resiko besar, yaitu uang transferan akan hangus atau berkurang secara perlahan. Apalagi pihak yang tidak terdaftar OJK, mengiming-imingkan "Kalian akan mendapat fee rendah dan return besar dalam sekejap bersama manajemen investasi kami". Jangan tertipu investasi bodong!
Nah, cara mengecek sekuritas terdaftar cukup mudah, kalian hanya perlu pergi ke website Bursa Efek Indonesia dan mengklik anggota bursa dan partisipan, lalu profil anggota bursa. 

2. Perhatikan Setoran Awal dan Fee Transaksi
Tiap-tiap sekuritas memiliki setoran awal dan fee transaksi yang berbeda-beda. Setoran awal ada yang mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 10.000.000 untuk membuka rekening saham. Perbedaan ini disebabkan target pasar dari setiap sekuritas berbeda, ada yang mengincar mahasiswa dan ada juga yang mengincar bos-bos kaya.
Fee transaksi juga bervariasi. Kisaran fee secara umum adalah 0,15% untuk transaksi beli dan 0,25% untuk transaksi jual. Bagi seorang trader, fee menjadi faktor utama dalam memilih sekuritas karena keuntungannya sering kali tidak maksimal akibat fee yang mahal. Namun, bagi seorang investor, fee bukanlah masalah utama karena transaksinya jarang. Carilah sekuritas yang menyediakan setoran awal dan fee transaksi yang sesuai budget kalian!

3. Menyediakan Fasilitas Transaksi yang Lengkap
Tips yang paling perlu diperhatikan dalam beli saham online adalah fasilitasnya. Pastikan sekuritas memberikan real-time data pasar saham tanpa adanya biaya tambahan, indikator tradingview yang jelas, rekomendasi saham setiap hari yang telah dianalisis, aplikasi anti-lag, dan edukasi saham gratis. Bayangkan, jika kalian ingin membeli saham A, tapi tidak tahu arah pergerakan sahamnya naik atau turun karena tidak ada tradingview yang jelas atau salah beli harga karena data yang disajikan tidak real-time. Mau cuan malah buntung karena beli di harga yang salah.

PERTANYAAN : JADI, BAGUSNYA PILIH SEKURITAS YANG MANA?
Saya tidak merekomendasi secara spesifik, sekuritas mana yang paling bagus. Mandirilah dalam memilih sesuatu. Belum tentu, sekuritas dimana saya mendaftar akan cocok dengan kalian. Sesuaikan modal dengan sekuritas yang akan dipilih.
Saya hanya memberitahu sekuritas-sekuritas di Indonesia berdasarkan jumlah transaksi terbesar per tanggal 1 September 2020. Mirae Asset Sekuritas Indonesia merupakan sekuritas atau broker yang memiliki transaksi terbesar dalam pasar modal. Data ini saya dapatkan dari IndoPremier Indonesia, sekuritas dimana saya mendaftar untuk transaksi jual beli saham.                   

            

Keterangan :
BVal = Nilai transaksi beli
SVal = Nilai transaksi jual
NVal = Selisih nilai transaksi jual dan beli
TVal = Total nilai transaksi jual dan beli
TVol = Total volume jual dan beli
TFreq = Total kejadian jual dan beli

PERTANYAAN : UDAH PILIH SEKURITAS, BAGAIMANA CARA DAFTAR ONLINE?

Tidak semua sekuritas menyediakan fasilitas daftar secara online. Hanya 14 sekuritas di antara 104 sekuritas di atas yang menyediakan fasilitas daftar online, antara lain BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, Ekuator Swarna Sekuritas, IndoPremier Sekuritas, Jasa Utama Capital Sekuritas, Mandiri Sekuritas, MNC Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Panin Sekuritas, Philip Sekuritas Indonesia, RHB Sekuritas Indonesia, Sinarmas Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas Indonesia. Prosedur dan tata cara pendaftaran pun berbeda-beda, bergantung tiap-tiap sekuritas. Saya ambil contoh pendaftaran online melalui RHB Sekuritas Indonesia.


"The philosophy of the rich and the poor is this : the rich invest their money and spend what is lef. The poor spend their money and invest what is left." - Buku Rich Dad Poor Dad.

Untuk info selengkapnya mengenai pendaftaran rekening saham online, kalian bisa kunjungi website Bursa Efek Indonesia : BUKA REKENING ONLINE #DIRUMAHAJA.

Comments