QRIS : Pembayaran Digital Sakti dari BI, Wajib Punya!

Hai sobat cuan, sobat millenial.

Era keuangan digital terus berinovasi dan berkembang. Bukti perkembangan itu adalah pembayaran berbasis online. Pada April 2016, GO-PAY telah dilahirkan sebagai dompet digital pertama di Indonesia. Kemudian, disusul dengan OVO, Link Aja, Dana, dan ShopeePay. Setidaknya, sekarang ada 158 perusahaan keuangan digital yang terdaftar dan berizin. Pernahkah kalian terpikir, kalau dompet digital ini malah merumitkan transaksi ketika berbelanja? Kalian perlu mencari kode QR siapa yang disediakan oleh merchant? Nah, solusi dari itu semua adalah QRIS. Yuk kita pelajari bersama!
TAHUKAH KALIAN?

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS. Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat. 

Yuk, pelajari MANFAAT DAN KEGUNAAN QRIS baik bagi pengguna dan merchant!
 
1. Bagi Pengguna
Kalian pasti pernah melihat banyak sekali QR-Code berjajar di kasir, bingung uang digital mana yang cocok untuk membayar atau uang digital yang kamu gunakan tidak ada karena QR-Code-nya tidak tahu dimana. Dengan QRIS, kebingungan ini akan teratasi. Apapun uang digitalnya (yang terdaftar di Bank Indonesia dan diawasi OJK), QRIS dapat mendeteksinya. Per 18 Agustus 2020, terdapat 40 lembaga bank dan non-bank yang terdaftar sebagai penyelenggara jasa sistem pembayaran menggunakan QRIS.
Satu hal terpenting dari penggunaan QRIS adalah data keuangan dan transaksi kita aman.
 
2. Bagi Merchant (Pedagang)
QRIS memberikan banyak sekali alternatif pembayaran untuk konsumen, sehingga QRIS juga menguntungkan bagi merchant. Pedagang tidak perlu merasa takut jika pelanggannya tidak jadi memesan, apalagi karena metode pembayaran yang dipunyai konsumen tidak dapat digunakan. Proses transaksi menjadi lebih fleksibel dan pedagang juga terhindar dari penipuan pembelian.

PERTANYAAN : KALAU DILIHAT-LIHAT YANG UNTUNG HANYA MERCHANT AJA, KARENA TRANSAKSI PASTI DEAL?
Memang sebagian pernyataan itu benar, QRIS memberi keuntungan bagi Merchant, tapi bukan hanya merchant. Bahkan, QRIS memberi keuntungan yang lebih besar bagi konsumen dibandingkan pedagang. Adanya proses transaksi yang lebih fleksibel dan mudah, maka proses perputaran uang akan lebih cepat. Proses perputaran uang yang lebih cepat akan membawa kesejahteraan rakyat yang lebih baik lagi.
Secara sederhana, perputaran uang diartikan sebagai kecepatan perpindahan uang dari orang ke orang lain. Perputaran uang yang semakin cepat menunjukkan adanya indikasi bahwa jumlah uang beredar yang meningkat dan adanya inflasi dalam suatu negara. Bagi negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, terjadinya inflasi merupakan suatu hal yang bagus untuk pertumbuhan ekonomi. Saya ilustrasikan secara sederhana sebagai berikut.
Ada seorang tukang cukur rambut dan pedagang buah. pedagang buah memiliki uang Rp 50.000 dan tukang cukur rambut tidak punya uang sepeserpun. Dalam setahun, terjadi transaksi :
1) Pedagang buah meminta tukang cukur rambut memotong rambutnya, jasa potong rambut sebesar Rp 50.000.
2) Tukang cukur rambut membeli buah dari pedagang sebesar Rp 50.000.
Dalam transaksi tersebut, terdapat pertukaran uang sebesar Rp 100.000, padahal uang awal yang dimiliki hanya Rp 50.000. Hal ini terjadi karena uang Rp 50.000 telah digunakan sebanyak dua kali dalam setahun, sehingga perputaran uangnya bernilai 2/tahun. Jadi, semakin cepat perputaran uang dalam pengawasan Bank Indonesia akan semakin bagus perekonomian Indonesia.

FUNGSI YANG TIDAK DISADARI DARI QRIS
The most important thing yang kamu harus tahu adalah QRIS dapat mempermudah organisasi sosial dalam menggalang dana. Pernahkah kamu melihat poster seperti ini?
Inovasi sedekah zaman now yang perlu ditiru oleh organisasi sosial lainnya di seluruh Indonesia. Bahkan tidak hanya organisasi sosial, tempat ibadah pun juga bisa. Menurut saya, QRIS mengatisipasi orang yang ragu dalam bersedekah. Jika secara offline, mungkin sebagian orang yang melihat temannya sendiri menyumbang nominal yang lebih besar terkadang merasa gengsi (padahal kan yang penting ikhlas ya :v). Nah dengan sedekah online, nominal transaksi hanya diketahui oleh yang pemberi dan penerima saja sehingga orang merasa tidak ragu lagi dalam bersedekah. Cara ini juga dapat mempercepat penggalangan dana di mana saja dan kapan pun saat dibutuhkan oleh organisasi sosial dan keagamaan tersebut.
"UNGGUL (UNiversal, GampanG, Untung, Langsung)" - QRIS

Untuk mengetahui info selengkapnya mengenai QRIS, kalian bisa membuka website Bank Indonesia : Quick Response Code Indonesia Standard.

Comments