Investasi Bodong Minggir! Aplikasi Keuangan dari OJK untuk Sikapi Uangmu

Halo sobat cuan, sobat millenial.

Kalian tahu gak apa itu OJK? Singkatnya, OJK merupakan lembaga Negara yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan baik di sektor perbankan, pasar modal, dan sektor jasa keuangan non-bank.
Blog saya kali ini akan membahas aplikasi yang pernah dirilis oleh OJK pada tanggal 30 Oktober 2016 untuk membantu masyarakat dalam masalah finansial. Kalian pernah ga merasa di zaman sekarang dengan adanya fintech seperti Gopay, OVO, Shopeepay, dan sebagainya malah pengeluaranmu lebih banyak keluar atau kalian pernah merasa ditipu oleh investasi bodong tertentu? Nah, di tahun 2020, OJK sangat gencar memperkenalkan aplikasi ini agar tingkat literasi dan inklusi Indonesia meningkat signifikan setiap tahunnya.
TAHUKAH KALIAN?
Hasil survei OJK tahun 2016 menunjukkan indeks literasi keuangan Indonesia sebesar 29,7% dan indeks inklusi keuangan sebesar 67,8%.
Pada tahun 2019, Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) ketiga yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan indeks literasi keuangan Indonesia mencapai 38,03% dan indeks inklusi keuangan 76,19%.

SIKAPI UANGMU

SIKAPI UANGMU dapat kalian download di Playstore atau App Store dengan ukuran 13.1 MB.  Aplikasi ini dihadiri dengan 5 fitur + 1 survei singkat yang dapat mengatasi masalah keuangan kalian.

1. Portal Waspada Investasi
Fitur pertama ini digunakan untuk mengecek legalitas perusahaan yang sedang kalian investasikan. Penggunaannya sangat mudah, hanya dengan mengetik nama perusahaan saja. Jika nama perusahaan atau entitas investasi kalian muncul, maka perusahaan tersebut artinya ilegal. Jika nama perusahaan tidak muncul, maka perusahaan tersebut terdaftar dan dibawah pengawasan OJK. Jadi, kalian bisa bijak dan berhati-hati dalam berinvestasi.
2. Informasi Keuangan
Guru, dosen, teman karier, atau atasan kalian tiba-tiba menanyakan topik tren tentang keuangan terbaru tapi kalian sangat kudet. Pastinya sangat cemas, bukan? Fitur kedua ini hadir dengan artikel-artikel terbaru seputar keuangan. Topik keuangannya pun dipisah ke berbagai kategori yang kalian inginkan agar lebih mudah dipahami. Topik-topik yang tersedia cukup menarik, antara lain Keuanganku, Simpanan, Pinjaman, Proteksi, Investasi, Berita, dan Tips Keuangan.
3. Kegiatan Edukasi
Jika kalian tipe orang yang malas membaca, mungkin mendengarkan materi melalui webinar akan menjadi opsi yang cocok untuk kalian. Melalui fitur Kegiatan Edukasi, kalian diberikan informasi-informasi terkait tanggal (waktu), materi, dan pembicara webinar sehingga materi-materi keuangan disajikan oleh pakar keuangan selalu up to date. Yang lebih penting, jangan takut ketinggalan webinarnya karena aplikasi dapat menyimpan jadwal webinar di smartphone kamu dengan mengklik webinar yang kamu inginkan lalu tekan 'Simpan Aktivitas'. Jika kamu ketinggalan satu webinar saja, kalian juga jangan khawatir karena aplikasi SIKAPI UANGMU selalu memberi informasi terbaru mengenai pengadaan webinar keuangan di seluruh Indonesia.
4. Rencana Keuangan
Kalian cewek yang suka skincare-an demi pujaan hati? Kalian cowok yang suka belanjain cewek barang branded tapi cintanya ngga kebales? Atau kalian jomblo abadi yang suka mencari mangsa di tempat nongkrong? Ya mungkin, kalian merupakan salah satu orang yang pengeluaran per bulannya sering kali tidak menentu karena tidak ada perencanaan, bahkan uang yang dimiliki tidak cukup sampai akhir bulan.
Kini, OJK telah hadir menyiapkan fitur dimana aplikasi dapat mengalokasi, mencatat, dan melaporkan pemasukan kalian sesuai perencanaan dan keinginan. Misalnya, kalian mengisi gaji sebesar Rp 5.000.000 untuk dialokasikan ke kebutuhan sehari-hari Rp 1.000.000, investasi Rp 1.000.000, transportasi Rp 1.000.000, investasi Rp 1.000.000, donasi Rp 500.000, dan hiburan Rp 500.000. Selanjutnya, kalian hanya perlu mengisi setiap transaksi pemasukan dan pengeluaran sehari-hari di 'Transaksiku' ke dalam kategori alokasi tadi. Finally, kalian bisa melihat persentase, saldo akhir, serta grafik pemasukan dan pengeluaran selama satu bulan.
5. Kalkulator Keuangan
The Last but Not Least, fitur Kalkulator Keuangan yang mensimulasikan beberapa instrumen keuangan agar masyarakat lebih mudah mengambil keputusan keuangannya. Aplikasi dapat mengukur dan memeriksa rasio ukuran uang tunai, rasio ukuran menabung, dan rasio ukuran cicilan utang dengan mengisi 'Periksa Dompet', serta anggaran kalian dengan mengisi 'Periksa Anggaran'.  Ada juga 'Tujuan Keuangan' yang dapat menyarankan tabungan per bulan dalam mempersiapkan kebutuhan di masa depan. Instrumen lainnya adalah simpanan Mudharabah (Tabungan, Giro, dan Deposito), tabungan rencanan dengan Akad Mudharabah, pembiayaan KPR Syariah Murabahah, dan Kartu Kredit.
6. Survei Singkat
Dengan mengisi survei, artinya kalian sudah ingin berpartisipasi dalam meningkatkan literasi keuangan Indonesia. Caranya cukup mengisi nomor telepon kalian dan menjawab 8 pertanyaan survei, lalu klik tanda centang hijau pada aplikasi.

"Gaji besar bukan jaminan hidup nyaman, hidup nyaman adalah bisa mengelola uang dengan baik" - OJK
Tonton video aplikasi SIKAPI UANGMU di Youtube Channel Sikapiuangmu OJK pada link berikut ini : Mobile App Sikapi Uangmu untuk iOS dan Android

Comments